Kalau kamu memang sedang berniat untuk berhemat, kamu bisa mulai membawa bekal dari rumah.

Masalah gaji tidak dipungkiri adalah masalah yang sensitif bagi setiap orang. Dengan tuntutan hidup yang semakin hari juga semakin mahal, terkadang gaji yang kita terima sering kali tidak mencukupi. Bukan berarti pengeluaran yang besar pasak dari pada tiang, hanya saja besaran gaji yang terbilang pas-pasan. Kalau kondisi kamu juga seperti ini, jangan galau jangan risau karena nominal gaji bukan tujuan akhir dari perjalanan kamu. Dengan gaji yang diterima sekarang, kamu juga masih bisa kok ngopi-ngopi cantik dengan teman-teman. Yuk simak tips anti galau meski gaji pas-pasan berikut ini.

Buat rancangan keuangan

Diawal bulan setiap setelah menerima gaji, sebaiknya kamu membuat rancangn keuangan. Jangan mentang-mentang sudah terima gaji lalu kamu belanja membabi buta tanpa rancangan. Sebaiknya sebelum kamu mulai mengucurkan gaji, buatlah perhitungan besaran pengeluaran dan berapa banyak yang disishkan. Kamu bisa mulai membuat rancangan keuangan dari biaya transport, makan siang, kebutuhan lain, dan jangan lupa untuk mneyisihkan sekitar 10% untuk ditabung.

Hindari membeli hal-hal yang tidak perlu

Banyak dari kita yang tidak bisa membedakan mana yang benar-benar keperluan dan mana yang sekedar keinginan. Hindari memberi hal-hal yang yang keinginan atau nafsu semata tapi tidak benar-benar kamu butuhkan. Sebagai contoh untuhk mnegurangi pengeluaran saat nongkrong, kamu bisa makan di rumah sebelum berangkat, jadi saat nongkrong kamu hanya perlu beli minum saja.

Diawal bulan setiap setelah menerima gaji, sebaiknya kamu membuat rancangn keuangan. Jangan mentang-mentang sudah terima gaji lalu kamu belanja membabi buta tanpa rancangan.

Mulai bawa bekal ke kantor

Kalau kamu memang sedang berniat untuk berhemat, kamu bisa mulai membawa bekal dari rumah. Dengan membawa makanan dari rumah, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk beli makan siang di kantor. Selain itu, membawa bekal dari rumah jelas lebih murah dan lebih bersih dari pada beli di luar. Tapi kalau kamu masih ingin mneghabiskan waktu bersama dengan teman kantor, kamu bisa menjadwal kapan membawa bekal dan kapan makan siang di kantor.

Jangan selalu melihat rumput tetangga

Tidak ada rumput tetangga yang tidka hijau. Tapi mau sampai kapan kamu harus membandingkan semuanya dengan milik tetangga? Meskipun gaji teman kamu sedikit lebih tinggi padahal pengalaman yang dimiliki tidak seberapa, kamu bisa menjadikannya motivasi untuk bekerja dengan lebih baik lagi. Buatlah atasan kamu terkesan dengan prestasi kamu agar bisa mendapatkan gaji yang setara.

Ubah mindset

Memang tujuan utama kita dalam bekerja adalah untuk mendapatkan uang. Tapi selain uang, bekerja juga bagian dari ibadah dengan menggunakan ilmu yang telah didapat dengan baik. Kalau kamu memang pekerjaan kamu yang sekarang sudah sesuai dengan passion, kamu pasti tetap enjoy saja bekerja meski gaji yang diterima pas-pasan. Tapi kalau memang gaji kamu membuatmu juga malas-malasan bekerja atau pekerjaan kamu tidak sesuai dengan passion, kamu sudah tahu harus berbuat apa?

Ya jawabannya adalah berganti pekerjaan. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhanmu melalui Urbanhire. Lebih dari 50.000 pekerjaan siap untuk kamu lamar, pasti ada satu atau pekerjaan yang cocok untuk kamu! Jadi, tunggu apalagi?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sumber: Urbanhire

Artikel ini hasil kerjasama dengan Urbanhire, untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan, klik disini.

External links