Melanjutkan perjalanan dari simposium nasional pertama, British Council Indonesia Foundation mempersembahkan National Symposium on English Language Assessment kedua yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 - 21 Maret 2019. Acara ini akan meliputi workshop, plenary dan diskusi panel serta sesi kelas yang lebih kecil.

Tema

Keselarasan Pengajaran dan Pengujian di Dalam Sistem Pembelajaran.

 Sub-tema

  • Developing Teacher Assessment Literacy (Mengembangkan Literasi Pengujian Pengajar)

Pengajar, yang merupakan titik antar muka antara pembelajaran dan pengujian, merupakan posisi terbaik untuk memastikan bahwa hubungan antara pengujian dan pengajaran berdampak positif terhadap kemampuan bahasa siswa. Hal ini membutuhkan pemahaman mengenai bagaimana pengujian bekerja dan cara menghubungkan ujian kepada kemampuan yang sedang dikembangkan siswa. Kami mengundang Anda yang berminat untuk mengirimkan makalah yang fokus kepada impact of teachers' assessment literacy on teaching and performance and on initiatives to improve assessment literacy among educators. (dampak literasi pengujian pengajar terhadap pengajaran dan kinerja dan terhadao inisiatif untuk mengembangkan literasi bahasa di kalangan pendidik).

  • Formative Assessment for Writing (Penilaian Formatif untuk Pengujian)

Kemampuan menulis, baik pada bahasa pertama ataupun bahasa lainnya, membutuhkan umpan balik konstan untuk dapat berkembang dan meningkat. Dibawah sub tema ini, kami mengundang makalah yang fokus pada metode yang berbeda dan alat yang digunakan untuk mendapatkan umpan balik dalam menulis di ruang kelas dan seterusnya.

  • Writing Test Items to Promote Learning (Menulis Item Tes untuk Mempromosikan Pembelajaran)

Item tes yang fokus kepada pengujian satu-dimensi atau kemampuan superfisial seperti memorisasi adalah alat yang kurang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikatif siswa. Makalah yang mengeksplorasi atau membahas bagaimana item tes dapat dibuat bermakna sebagai pembelajaran serta alat pengujian dibawah sub tema ini.

Tujuan

Berikut adalah tujuan acara simposium ini:

  • Meningkatkan pemahaman mengenai peluang dan tantangan saat ini terkait pengujian bahasa sesuai dengan konteks pendidikan Indonesia.
  • Mempertemukan pengajar, pendidik dan penguji profesional untuk memfasilitasi berbagai keahlian di bidang mereka dan pemahaman lebih baik tentang dampak timbal balik antara pengajaran dan pengujian.
  • Meningkatkan kesadaran akan perkembangan dalam pengajaran, pengujian dan sistem pembelajaran di Indonesia dan mendorong pengajar dan penguji untuk bekerja sama demi keuntungan bersama.
  • Menjelajahi hubungan antara standar kemahiran dan praktik ruang kelas.

Target Peserta

Simposium ini akan menarik bagi:

  • Institusi pendidikan lebih tinggi: kepala pusat bahasa, praktisi pengujian, pengajar.
  • Institusi pendidikan kejuruan: praktisi pengujian, guru dan staf akademik.
  • Pembuat kebijakan dari berbagai institusi pendidikan lebih tinggi dan sekolah kejuruan.

Rincian Acara 

Tanggal Waktu Acara Lokasi Acara
20 Maret 2019                                        09.00 – 15.00  Workshops: Proficiency Standards and Frameworks in Action

Universitas Negeri Jakarta

Jl. Rawamangun Muka RT 11 RW 14, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur

Gedung Raden Dewi Sartika, 4th Floor, UPT Layanan Bahasa

21 Maret 2019 09.00 - 17.00 National Symposium on English Language Assessment: Assessment for Learning

Universitas Negeri Jakarta

Jl. Rawamangun Muka RT 11 RW 14, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur

Gedung Raden Dewi Sartika, 2nd Floor, Brigjen Latif Hendraningrat room