Date
Thursday 18 February 2016 - 09:59 to Friday 26 February 2016 - 13:00

Pendaftaran untuk mengikuti Hornby Regional School di Manila tanggal 11-15 April 2016 telah dibuka. Pelatihan ini akan diadakan di Ateneo Center for English Language Teaching (ACELT) Ateneo de Manila University yang berlokasi di Katipunan Avenue, Diliman, Quezon City, Metro Manila, Filipina.  

Pelatihan ini akan fokus pada materi pelatihan guru dengan tema Teaching English in a Multilingual Setting. 

Proses reformasi pendidikan saat ini dengan konteks masyarakat dengan beragam bahasa menghadapkan guru-guru bahasa Inggris di Filipina pada banyak tantangan. Hal ini tentu tidak hanya terjadi di Filipina tapi juga di negera lain dengan konteks serupa, seperti Indonesia.

Oleh karena itu, pelatihan ini akan sangat sesuai untuk guru-guru bahasa Inggris di Indonesia dan negara lainnnya. Pelatihan ini sesuai dengan praktik professional dalam penggunaan pendekatan multilingual (Using multilingual approaches) yang terdapat dalam kerangka kerja British Council’s Continuing Professional Development untuk guru. 

Secara khusus pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dalam:

  1. Mengidentifikasi dan mengapresiasi keberagaman bahasa di masyarakat, sekolah, dan kelas. 
  2. Menggunakan stretegi pedagogi yang mendorong pendidikan inklusif dalam lingkungan ynag mendukung situasi pembelajaran denga kebaragaman bahasa. 
  3. Memiliki kesadaran akan pengetahuan mengenai penutur bahasa lain dan bagaimana pengetahua ini akan berpengaruh dalam membangun dan memertahankan lingkungan pembelajaran yang inklusif. 
  4. Menilai perilaku pribadi siswa dengan memerhatikan latak belakang linguistic mereka 
  5. Memberikan kesepatan yang cukup untuk menggunakan bahasa ibu mereka untuk mendukung dan menunjukkan pemahaman mereka dalam konten pembelajaran bahasa asing. 
  6. Membuat dan menentukan kebijakan yang berhubungan dengan pendidikan yang mengapresiasi dan memanfaatkan keberagaman linguistik para siswa. 
  7. Merefleksi keefektifitasan dari praktik pembelajaran yang telah dilakukan dengan pendekatan keberagaman bahasa (multilingual approach) dalam mendukung pembelajaran. dalam 

Apa tujuan dan hasil yang ingin dicapai dalam pelatihan ini? 

Tujuan jangka pendek dari pelatihan ini adalah untuk melatih para peserta dalam menyebarkan kembali konsep dan metode yang disampaikan dalam pelatihan kepada rekan-rekan guru-guru lainnya. 

Pelatihan ini akan:

  1. Membekali peserta dengan hasil penelitian, praktik, dan isu-isu terkini seputar pengajaran bahasa Inggris dalam konteks multuilingual; 
  2. Memberikan peserta keterampilan yang dituhkan untuk dapat melaksanakan analisa kebutuhan, pengembangan materi pembelajaran, evaluasi program untuk membantu guru-guru yang lain dalam melaksanakan analisis kebutuhan dan penetilitian tindakan kelas dalam konteks pengajaran mereka masing-masing; serta 
  3. Berbagi materi pelatihan untuk kemudian digunakan dalam pelatihan untuk rekan-rekan guru yang lain.

Materi pelatihan akan dikembangkan dan didesain oleh pelatiha kami dengan koordinasi dengan pimpinan British Council. 

Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta dapat berperan aktif dalam:

  1. Meningkatkan keperceyaan diri rekan-rekan guru mereka dalam mengajar bahasa Inggris dalam konteks multilingual 
  2. Mengembangkan kurikulum dan metodologi pengajaran bahasa Inggris untuk merefleksi hasil penelitian dan praktik-prktik terkini mengenai pembelajaran bahasa Inggris dalam konteks multulingual

Siapa yang dapat mendaftar? 

Pelatihan ini ditujukamn untuk guru bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar yang mengajar kelas 4, 5, 6 atau sederajat. Peserta dengan pengalaman dalam pelatihan guru dan yang belum pernah mendapatkan pendidikan formal atau pelatihan ekstensif mengenai pengajaran bahasa Inggris dalam konteks multilingual. Para peserta akan diseleksi berdasarkan kriteria berikut:

  1. Pengalaman dalam memberikan pelatihan guru 
  2. Pengetahuan dalam pengajaran bahasa Inggris (ELT)  dan pengajaran dengan keberagaman bahasa (multilingual education - MLE) 
  3. Pelatiahan sebelumnya yang pernah didapat mengenai pengajaran dengan keberagaman bahasa (multilingual education - MLE) 

Batas akhir pengumpulan formulir pendaftaran adalah Jumat, 26 Februari 2016 pukul 12.00 (waktu Filipina) atau Jumat, 26 Februari 2016 pukul 13.00 WIB. Peserta yang lolos seleksi akan dihubungi pada tanggal 4 Maret 2016.

Apa saja yang akan didapatkan? 

Pelatihan Hornby Regional School disubsidi oleh Yayasan A. S. Hornby bekerja sama dengan British Council d Ateneo Center for English Language Teaching, akan memberikan untuk setiap peserta: 

  1. Akomodasi satu kamar untuk dua peserta yang dekat denagn lokasi pelatihan selama 9 malam dari tanggal 10 April -15 April 2016; 
  2. Konsumsi dan selama 5 hari pelatihan; 
  3. Materi pelatihan. 

Peserta diharuskan membiayai sendiri: 

  1. Biaya perjalanan dari dan ke lokasi penginapan termasuk tiket pesawat, visa (jika dibutuhkan), dan transportasi lokal; 
  2. Biaya pribadi; 
  3. Biaya lain yang ditimbulkan di luar yang diatur oleh British Council. 

Pendaftaran

Unduh formulir pendaftaran dan keterangan lebih lanjut melalui tautan di bawah.