Tips Memotivasi Anak untuk Berbicara Bahasa Inggris - Part 2

Mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak merupakan hal yang menantang bagi orang tua. Bagaimana Anda bisa memotivasi mereka untuk menggunakan bahasa Inggris lebih sering?

Kami memiliki lima tips untuk memotivasi anak berbicara bahasa Inggris.

4. Memberikan situasi yang menyenangkan 

Anak-anak suka bermain peran dan menggunakan imajinasi mereka. Kami menyarankan beberapa tempat yang bisa digunakan untuk belajar seperti toko mainan, bus, restoran, dll dan Anda dapat  meminta anak untuk memilih. Anda juga dapat bergiliran memainkan peran yang berbeda (misalnya pelanggan dan penjaga toko) dan memberikan dukungan bahasa yang diperlukan. Jika mereka menggunakan frase dalam bahasa Indonesia, jangan lupa untuk mengulangi apa yang mereka katakan dalam bahasa Inggris. Secara bertahap anak Anda akan memahami bagian-bagian berbicara dalam dialog.

Anda juga dapat membuat situasi yang mengharuskan anak  untuk menggunakan bahasa Inggris. Ini juga memotivasi mereka untuk menggunakannya dalam kegiatan dan acara yang sama, sehingga meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk menggunakan bahasa Inggris. Bila Anda membuat suatu situasi, cobalah untuk menggunakan benda nyata (piring dan alat makan untuk restoran) untuk meningkatkan keterlibatan mereka dalam permainan.

Ingat: semakin antusias Anda memainkan peran Anda, maka anak akan semakin termotivasi!

5. Coba carilah cara agar anak bisa berkomunikasi dengan orang lain dalam Bahasa Inggris 

Memiliki alasan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris dapat meningkatkan motivasi anak.   Jika memungkinkan, daftarkanlah anak di kelas bahasa Inggris yang dirancang untuk mengembangkan kepercayaan diri anak berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Sebuah lingkungan kelas adalah pengaturan yang sempurna untuk anak belajar bahasa Inggris dengan sesama mereka. Begitu mereka telah cukup percaya diri di sekolah, anak akan dapat menggunakan bahasa Inggris di rumah.