Tips Memotivasi Anak untuk Berbicara Bahasa Inggris - Part 1

Mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak merupakan hal yang menantang bagi orang tua. Bagaimana Anda bisa memotivasi mereka untuk menggunakan bahasa Inggris lebih sering?

Kami memiliki lima tips untuk memotivasi anak berbicara bahasa Inggris.

1. Antusias dan terlibat 

Belajar bahasa Inggris dapat dimulai dengan orang tua! Jika anak melihat Anda membaca, menonton film dan berbicara dalam bahasa Inggris, mereka akan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Daripada mengharapkan mereka untuk belajar sendiri, aktiflah melibatkan diri dalam pengalaman belajar bahasa Inggris anak. Memberikan anak banyak pujian, dorongan dan dukungan akan meningkatkan kepercayaan diri mereka dan memotivasinya.

2.Buatlah Aktifitas Belajar yang Lebih Personal 

Yang terbaik mengenal anak adalah orang tua. Untuk membuat belajar bahasa Inggris sebagai pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat untuk anak, pastikan untuk melibatkan mereka dalam kegiatan yang menyenangkan sesuai dengan kepribadian dan minat mereka. Anak yang aktif mungkin suka permainan fisik, sementara anak yang lebih tenang mungkin lebih suka permainan kata atau permainan kartu. Jika anak suka olahraga, mereka akan menikmati cerita dan permainan kosakata tentang olahraga. Menanyakan kegiatan apa yang mereka sukai, akan memberikan inspirasi kegiatan apa yang bisa Anda lakukan bersama anak. 

3. Perhatikan suasan hati mereka 

Cobalah untuk memilih waktu yang tepat untuk mendorong anak Anda untuk berlatih keterampilan bahasa Inggris. Jangan meminta mereka untuk melakukan kegiatan ketika mereka sedang lelah dan marah-marah, atau hal itu akan membuat mereka merasa stres. Hal ini penting untuk mencoba mencari tahu suasana hati mereka: kapan mereka menerima dan menolak? Jika, setelah memulai aktivitas, Anda melihat bahwa anak Anda tidak menyukainya, lebih baik untuk mencoba lagi nanti daripada memaksa mereka untuk terus melakukannya.