Sedang belajar Bahasa Inggris? Baca buku wajib ini!

Bila menemukan kata yang tidak akrab di telinga, kemungkinan besar Anda akan mencari kamus untuk menemukan maknanya. Kata-kata tersebut bisa merupakan kata yang belum dikenal, atau kata yang memiliki banyak makna seperti “hati”. Dalam kamus, kata “hati” bisa mengacu pada beberapa hal. Bisa merujuk pada organ berotot yang memompa darah melalui sistem sirkulasi ( 'hatinya berhenti berdetak selama satu menit'), bisa juga merujuk pada suasana hati atau perasaan (suasana hatinya sedang berubah). Namun ketika melihat lebih dalam lagi, Anda akan melihat bahwa kata “hati” memiliki banyak makna: seperti ungkapan “dengan hati”, “keras hati”, dll. 

Bagaimana Anda tahu arti yang tepat dari sebuah kata?

Saat belajar bahasa Inggris, penting untuk mengetahui bukan hanya arti kata, melainkan juga maknanya bila digunakan dalam konteks tertentu. Ketika tidak digunakan dalam kalimat, beberapa kata tidak memiliki makna yang pasti. 

Meskipun beberapa kata mudah dikenali karena memiliki arti yang sama di sebagian besar konteks, namun ada kata-kata yang memiliki arti berbeda, seperti “hati”. Sayangnya, tidak semua kamus cukup komprehensif untuk non-penutur asli; hanya kamus tertentu yang dapat memandu Anda dalam belajar bahasa Inggris. 

Kamus yang  muktahir menawarkan penjelasan lebih lanjut tentang semua hal penting: bagaimana bahasa  bekerja dalam konteks, etimologi kata, dan bagaimana mengucapkan kata. Sederhananya, kamus yang muktahir menampilkan kata dalam berbagai konteks dan cara menggunakannya.

Ada baiknya untuk mencari definisi, tetapi jangan hanya berhenti di situ. Kamus memberi Anda segala macam ekspresi dan frase berdasarkan kata tersebut: frase medis ‘heart condition’ dan ‘heart transplant’; idiom seperti ‘it breaks my heart’. Ini membantu membangun kosakata Anda karena memberitahukan perbedaan antara 'hati' fisik, misalnya, dengan  kata 'hati' bila digunakan dalam ekspresi emosi.

Sedikit demi sedikit, Anda akan mengenali kata-kata dan frase baru. Dengan mempraktikkan di lingkungan yang tepat, maka  bahasa Inggris akan segera menjadi bagian dari bahasa sehari-hari Anda.